Thread
profile picture
stoodystuff
Student XII IPS
Berpikir merupakan aktivitas mental yang terjadi apabila seseorang menghadapi masalah atau situasi yang harus dipecahkan. Kegiatan berpikir dapat diklasifikasi] menjadi berpikir tingkat rendah (lower order thinking) dan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking). Menurut (Heong, dkk] (2011), kemampuan berpikir tingkat tinggi definisi) sebagai penggunaan pikiran secara luas untuk menemukan tantangan baru. Kemampuan berpikir tingkat tinggi ini menghendaki seseorang untuk menerapkan informasi baru atau pengetahuan sebelumnya dan memanipulasi informasi untuk menjangkau kemungkinan jawaban dalam situasi yang baru. Woolfolk (2008), menyatakan peserta didik yang memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi mampu membedakan antara fakta dan opini, mengidentifikasi informasi yang relevan, memecahkan masalah dan mampu menyimpulkan informasi yang telah dianalisisnya. Berdasarkan taksonomi Bloom, keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah kegiatan berpikir yang melibatkan level kognitif hirarki tinggi. Secara hirarki, taksonomi Bloom terdiri (...) *6 level), yaitu pengetahuan (knowledge), pemahaman (comprehension), pengaplikasian (application), analisis (analysis), sintesis (synthesis), dan evaluasi (evaluation). Sumber: Sucipto (2017). Pengembangan ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi dengan Menggunakan Strategi Metakognitif Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal pendidikan, 2(1), hlm. 63–71. 1. Penulisan imbuhan yang tepat untuk kata bernomor (1) agar sesuai dengan konteks kalimat adalah imbuhan... A. di klasifikasi C. di klasifikasikan E. di klasifikasikkan B. diklasifikasikan D. diklasifikasikkan 2. Pertimbangkan apakah penulisan nama pada bagian bernomor (2) perlu diperbaiki atau tidak.... A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI C. Heong, dkk. E. Heong, dkk. B. Heong, d.k.k. D. Heong, dkk
3 tahun yang lalu
total answer
1
total comment
0
share

Jawaban (1)
0
profile picture
Mika W. Sitorus
Student XII IPA
3 tahun yang lalu